Kyeemagh Boat Ramp Reserve, Sydney

Tanggal: 16 September 2023

Pada pertengahan bulan September tahun 2023, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) mengambil inisiatif kegiatan “World Clean Up Day” yang bertempat di Kyeemagh Boat Ramp Reserve, Sydney, New South Wales. Acara ini juga bertepatan dengan hari bersih-bersih sedunia. Kegiatan ini menggandeng lebih dari 30 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk mahasiswa internasional dan warga setempat. Acara yang diadakan siang hari itu menciptakan semangat yang luar biasa dan menunjukkan betapa kerjasama yang baik dapat mewujudkan perubahan positif.

Tujuan utama acaranya adalah edukasi untuk pemilahan sampah serta meningkatkan kepedulian masyarakat terkait perihal lingkungan dan sampah. Pada kesempatan ini, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia ingin berperan aktif dalam menjaga keindahan pantai ini dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan lokal.

Semangat yang Positif!

Acara World Clean Up Day di Kyeemagh Boat Ramp Reserve dimulai pada pukul 10 pagi. Peserta yang antusias berkumpul di pantai dengan senyuman di wajah mereka. Mereka dibagi menjadi tim-tim kecil dan dilengkapi dengan peralatan pembersih seperti sarung tangan, kantong sampah, dan alat lainnya. Panitia juga memberikan instruksi perihal pemilihan sampah.

Semangat kerjasama sangat terasa di antara peserta, mereka semua memiliki satu tujuan bersama: membersihkan pantai dan menjaga lingkungan. Mereka bekerja keras membersihkan sampah, mulai dari plastik kecil hingga barang-barang besar yang terbawa ombak ataupun berada di bibir pantai, fasilitas umum dan lintasan pejalan kaki.

Setelah beberapa jam penuh kerja keras, pantai Kyeemagh Boat Ramp Reserve kembali bersih. Tim-tim pembersih berhasil mengumpulkan sejumlah besar sampah plastik, botol, dan limbah lainnya. Keberhasilan ini adalah bukti nyata bahwa ketika kita bersatu untuk tujuan yang baik, kita dapat mencapai perubahan yang positif.

Acara World Clean Up Day di Kyeemagh Boat Ramp Reserve adalah contoh nyata bahwa lingkungan dapat menjadi perhatian bersama yang menghubungkan orang dari dengan tujuan yang sama untuk  kebersihan lingkungan.