a. Transportasi Umum

Sistem transportasi umum di Australia dapat dikategorikan nyaman dan dapat diandalkan, dengan sistem penjadwalan yang tepat waktu. Bus mengangkut dan menurunkan penumpang hanya di halte bus yang tersedia. Transportasi umum di Australia pun ramah bagi penumpang hamil, disabel, maupun berusia lanjut. Informasi terkait rute perjalananan dan moda transportasi bisa diperoleh dari berbagai aplikasi smartphone, misalnya google maps maupun journey planner app di tiap state.

Setiap state memiliki beberapa moda transportasi umum (bus, kereta, tram, ferry, dll) yang terintegrasi, dikelola baik oleh pemerintah setempat maupun swasta, dengan prepaid card ticketing system sehingga kita bisa menggunakan satu kartu prabayar untuk moda transportasi berbeda. Namun di beberapa state juga masih memberlakukan system pembayaran tunai maupun pembelian tiket lepas.

Biaya transportasi tergantung jarak tempuh. Beberapa state memberikan fasilitas student concession fares bagimahasiswa, sehingga kita bisa membayar separuh biaya tiket orang dewasa. Namun kebijakan concessionini berbeda-beda di tiap state, misalnya seluruh mahasiswa di Queensland berhak untuk mendapatkan concession, sedangkan di Melbourne hanya mahasiwa undergraduate yang berhak. Fasilitas free shuttle bus dengan rute tertentu dapat ditemukan di beberapa area di masing-masing kota.

Berikut adalah matrix berisi transportasi umum yang tersedia per setiap state di Australia. Untuk informasi lebih lanjut, dapat melihat disini: http://www.australia.gov.au/content/public-transport-services

Selain sarana transportasi umum yang sudah disebutkan di atas, kita juga bisa menggunakan layanan taksi. Taksi merupakan salah satu transportasi di Australia yang dikelola oleh perusahaan swasta. Tarif taksi diukur menggunakan argo dan layanan dapat dipesan melalui telepon dan online 24 jam. Di saat memesan taxi, biasanya penumpang akan dikenakan biaya pemesanan sebesar $3- $5 tergantung pada perusahaan yang mengelola. Sangat dianjurkan untuk memesan taxi 10–15 menit sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi sibuknya saluran telepon atau error pada jaringan online.

b. Kendaraan Pribadi

Selain transportasi umum, kita bisa memiliki dan menggunakan kendaraan pribadi selama berada di Australia. Kendaraan pribadi yang ada di Australia adalah mobil, motor, dan sepeda. Peraturan-peraturan berkemudi kurang lebih sama di seluruh Australia, namun ada sedikit perbedaan tergantung wilayah bagian. Untuk pengendara mobil dan motor, disarankan untuk terlebih dahulu membaca dengan teliti peraturanperaturan lalu lintas yang dapat ditemukan pada handbook dan knowledge test di setiap wilayah bagian di Australia. Seorang pengunjung/pendatang internasional seperti kita dapat berkendara di Australia dengan surat izin mengemudi (SIM) dari Indonesia yang masih berlaku untuk kelas kendaraan yang sama. Berikut adalah penjelasan untuk tipe-tipe transportasi pribadi:

Mengemudi di Australia

1) Mobil

  • Kepemilikan Kendaraan di Australia
    Mengendarai kendaraan bermotor diatur oleh pemerintah negara bagian dan teritori. Untuk dapat mengendarai mobil di Australia, penduduk harus memiliki surat izin mengemudi dan mendaftarkan kendaraannya. Tidak mematuhi atau melanggar hukum lalu lintas dapat berakibat denda, kehilangan surat izin mengemudi, atau bahkan dihukum penjara. Wajib bagi setiap orang untuk memakai sabuk pengaman ketika melakukan perjalanan dengan mobil (atau dalam kasus anak kecil atau bayi, alat penahan yang disetujui).
  • SIM
    Surat izin mengemudi dikeluarkan oleh pemerintah negara bagian dan teritori dan biasanya mewajibkan pemohon untuk lulus tes pengetahuan (knowledge test), tes praktik mengemudi dan tes penglihatan. Seseorang tidak dapat mengemudi tanpa surat izin yang sah. Untuk persyaratan dan informasi lebih lanjut, dapat dilihat di website KBRI/KJRI per wilayah. Contoh persyaratan untuk menerbitkan surat izin mengemudi di ACT adalah sebagai berikut:
    1. Menunjukan paspor dan visa asli yang masih berlaku
    2. Menunjukan SIM Indonesia asli yang masih berlaku
    3. Mengisi dan menandatangani for mulir permohonan
    4. Membayar biaya administrasi sebesar AUD 25 dengan menggunakan money order/ company cheque/ bank cheque, tidak menggunakan personal cheque dan bukan cash, ditujukan kepada “Indonesian Embassy
  • Asuransi
    Berbeda dengan di Indonesia yang tidak mensyaratkan pemilik kendaraan mempunyai asuransi, pemilik kendaraan di Australia diwajibkan membayar biaya registrasi dan asuransi wajib pihak ketiga (the CompulsoryThird Party Insurance (CTPI). CTPI atau sering disebut CTP green slip diperuntukkan bagi pemilik ataupun orang lain yang mengemudi kendaraan pribadi serta penumpang apabila terjadi kecelakaan. Informasilebih lanjut mengenai CTPI bisa dibaca di website berikut http://apps.treasury.act.gov.au/compulsorytpi/faq/01.
    Perlu diketahui bahwa CTPI tidak dapat digunakan untuk klaim kerusakan kendaraan. Pemi l i k kendaraan bisa mengurus jenis asuransi kendaraan (car insurance) bila merasa membutuhkan, namun tidak wajib.
    Biaya CTPI sangat bervariasi tidak hanya karena perbedaan mobilnya tetapi juga siapa yang biasa menggunakan mobilnya. Provider CTPI maupun car insurance yang dapat dijadikan pilihan antara lain NRMA, AAMI, Allianz, CIC Allianz, GIO, QBE, dan Zurich.
    Selain asuransi, ada juga jasa bantuan seandainya kita punya masalah dengan kendaraan misalnya ban kempes, aki mobil habis, atau mobil tiba-tiba mati tanpa tahu sebabnya. Jasa pelayanan ini disebut Roads i de & Breakdown Assistance dan siap jaga 24/7 alias 24 jam sehari 7 hari seminggu. Perl u membership khusus di provider di atas untuk bisa memperoleh bantuan ini.
  • Lain-lain
    Untuk mahasiswa berkeluarga dan memiliki balita, wajib untuk memiliki baby seater di dalam mobil untuk keamanan.

2) Sepeda

Selain kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, sepeda adalah kendaraan pribadi yang populer di Australia. Selain ramah untuk pejalan kaki, sepeda juga lebih ramah lingkungan dan praktis. Hampir seluruh jalan di Australia memiliki lajur sepeda terpisah, lengkap dengan lampu merah sendiri untuk sepeda. Fasilitas parkiran sepeda tersedia pada hampir semua gedung dan area publik. Sepeda dapat dibawa masuk ke dalam transportasi umum lainnya seperti kereta, ataupun sepeda lipat dapat masuk ke tram atau bus. Jika kamu tertarik untuk membeli sepeda, sangat penting diingat untuk membeli helm dan kunci sepeda untuk keamanan pengemudi dan sepedanya. Helm dan kunci sepeda bisa dibeli di toko sepeda, dan toko besar (department store) seperti BIG W atau K-Mart. Beberapa peraturan lain yang berlaku di Australia adalah:

  • Helm bagi pengendara sepeda harus selalu dikenakan.
  • Lampu belakang dan depan pada sepeda wajib dinyalakan di malam hari.
  • Bersepeda tidak diizinkan di jalur bermotor