Para pelajar Indonesia tidak perlu khawatir dengan kebutuhan-kebutuhan macam jajanan Indonesia ataupun kangen dengan masakan Indonesia selama belajar di Australia, sebab banyak Asian store yang menjual produkproduk asli Indonesia mulai dari Indomie hingga Teh Kotak, dan tidak sedikit pula rumah makan Indonesia yang tingkat kelezatannya tidak jauh beda dengan restoran yang berada di Indonesia sendiri.

a. Restoran Indonesia

Berikut ini adalah daftar restoran Indonesia di beberapa kota di Australia

Dan bila para pelajar sibuk kuliah dan tidak mempunyai cukup waktu untuk memasak, ada bebarapa jasa catering masakan Indonesia yang tersedia di Australia dengan harga yang relatif terjangkau. Misalnya Dapur Indonesia, Nusantara, dan Warung Gudeng di Melbourne. Jikalau dirasa penghematan ekstra diperlukan, para pelajar dapat memasak nasi sendiri di rumah dan hanya tinggal memesan lauk pauk dari restoranrestoran tersebut.

b. Grocery Stores

Banyak terdapat grocery stores di Australia, yang terkemuka dan populer adalah sebagai berikut:

  • Woolworths supermarket
  • Coles Supermarket
  • Aldi Supermarket

c. Makanan dan Masakan Halal

Bahan makanan dan daging halal dapat ditemukan di Australia, namun memang perlu lebih cer mat dalam berbelanja atau saat makan di luar. Coles grocery stores misalnya, memiliki halal section di beberapa tokonya (umumnya di lokasi suburb yang dihuni cukup banyak komunitas muslim). Produk-produk halal Coles bisa dicek di website berikut http://shop.coles.com.au/online/national/international-food/halal-foods#pageNumber=1&currentPageSize=20 . Produk halal bisa juga ditemukan di beberapa minimarket (misal Asian groceries) dan halal butcher di tiap negara bagian.

Salah satu contoh produk daging yang memiliki sertiikasi halal adalah Steggles, Lily Dale (namun tidak termasuk seasoned productnya), dan Red Lea. Beberapa produk lain (roti, dairy product, camilan, coklat, obat suplemen, dll) meskipun tidak berlabel halal, namun bisa diperiksa kandungan dan bahan-bahan yang dicantumkan pada kemasannya untuk memastikan kehalalannya. Apabila masih ragu, bisa juga dicek lebih lanjut di website produsen atau bahkan mengirimkan email kepada perusahaan tersebut yang umumnya dijawab dengan baik dan jujur.

Website http://www.halalsquare.com.au/groceries/index.php/ bisa membantu untuk mengecek daftar produk halal di Australia.

Selain itu, kita juga bisa menemukan beberapa restoran dan tempat makan di Australia yang telah diberi label halal, misalnya Nando’s, resstoran Indonesia/ Thailand/ Turki, dll. Bila ingin memastikan, tidak ada salahnya mengecek expiry date sertiikat halal dari restoran tersebut.

d. Barang2 rumah tangga

Barang2 kebutuhan rumah tangga bisa didapatkan di toko-toko berikut yang pasti dapat ditemukan di CBDdan di beberapa suburb:

e. Clothing

Pakaian dapat dibeli di toko-toko perbelanjaan terkemuka, yang mana dapat ditemukan di bawah ini, tapi harganya cenderung untuk kelas menengah ke atas.

  • Chadstone Shopping Centre (in Melbourne)
  • Doncaster Shopping Centre (in Melbourne)
  • Melbourne Central Shopping Centre (in Melbourne)
  • DFO Southwarf (in Melbourne)
  • Westfield Shopping Centre (in Sydney)
  • Birkenhead Point Shopping Centre (in Sydney)

Namun demikian, ada beberapa took-toko baju yang harganya masih terjangkau untuk anak-anak kuliahan, contohnya JayJays. Selain itu masih ada online shopping yang harganya terjangkau, misalnya Asos, dengan alamat website www.asos.com.au