1. Pengurusan Visa Australia

Australia sebagai sebuah negara maju memiliki sistem keimigrasian yang juga sangat maju. Banyak sekali Australia sebagai sebuah negara maju memiliki sistem keimigrasian yang juga sangat maju. Banyak sekali skema visa yang dikeluarkan oleh pemerintah Australia bagi warga negara asing yang ingin memasuki Australia. Bagi pelajar yang ingin menempuh pendidikan di Australia, kita tentunya harus mendapatkan visa pelajar (student visa) dari pemerintah Australia. Semua informasi perihal proses pembuatan visa dapat dibaca melaui website imigrasi Australia (http://www.immi.gov.au/).

Proses pembuatan visa biasanya akan lebih mudah jika kita mempercayakan kepada agensi pembuatan visa Australia seperti AVAC atau agen pendidikan luar negeri seperti IDP. Kita tinggal menyediakan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Artikel berikut akan menjelaskan secara ringkas proses pengurusan visa beserta dokumen-dokumen yang mungkin diperlukan. Syarat awal dalam pembuatan visa adalah paspor. Jika anda telah memiliki paspor maka anda siap untuk memulai proses pengajuan visa. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa adalah mendaftarkan diri pada universitas yang dituju dan mendapatkan “letter of  offer” dari universitas tersebut. Letter of offer biasanya mencantumkan data diri kita sebagai pelamar serta rincian biaya pendidikan dan persyaratan asuransi (OSHC / Overseas Student Health Cover). Langkah kedua adalah menghubungi agen pendidikan yang terpercaya agar agen tersebut dapat berhubungan dengan universitas tujuan untuk mengambil alih pengurusan visa. Langkah berikutnya adalah calon mahasiswa menerima “offer” dari universitas bersangkutan sehingga universitas tersebut bisa menerbitkan “Certificate of enrollment”. Certificate ini nantinya digunakan sebagai salah satu syarat pembuatan visa.

Selanjutnya calon mahasiswa tinggal mempersiapkan beberapa dokumen yang nantinya bisa diserahkan kepada agensi yang sudah dipercaya dalam pengurusan visa. Adapun dokumen-dokumen tersebut antara lain:

 

2. Dokumen yang Perlu dibawa ke Australia

Jika paspor dan visa sudah siap, selanjutnya adalah menyiapkan keberangkatan. Saat kita sudah berada Jika paspor dan visa sudah siap, selanjutnya adalah menyiapkan keberangkatan. Saat kita sudah berada di Australia akan sangat mengganggu jika ada beberapa dokumen yang kita butuhkan namun kita lupa membawanya. Maka dari itu kita harus menyiapkan semua dokumen-dokumen yang sekiranya dibutuhkan selama masa studi kita di Australia.

Secara umum sebenarnya hanya sedikit dokumen yang perlu kita bawa saat kita menempuh pendidikan di Australia. Hal ini disebabkan karena saat proses pendaftaran sampai enrolment biasanya kita akan diminta mengirim berbagai dokumen yang dibutuhkan baik itu dalam bentuk ile maupun dalam bentuk hard copy. Untuk dokumen-dokumen yang kita kirim dalam bentuk file (scanned documents) kadang-kadang pihak universitas akan meminta kita menunjukkan dokumen aslinya. Beberapa dokumen penting yang harus kita bawa antara lain ; sertiikat IELTS/TOEFL, Ijazah S1/S2 bagi yang menempuh postgraduate study, serta paspor.