Ketika pesawat mendarat di bandara internasional Australia, Anda akan melewati pemeriksaan di bagian Ketika pesawat mendarat di bandara internasional Australia, Anda akan melewati pemeriksaan di bagian imigrasi serta bea cukai dan karantina yang terkenal sangat ketat. Bagian imigrasi bandara akan memeriksa paspor dan Incoming Passenger Card yang sebaiknya telah Anda isi selama penerbangan. Incoming Passenger Card ini berupa berisi data pribadi, penerbangan, alamat yang dituju, tujuan kedatangan, serta pernyataan barang yang dibawa setiap orang yang akan memasuki Australia, sebagai departure record document.

Selanjutnya petugas bea cukai dan karantina akan memeriksa barang bawaan Anda. Petugas berhak untuk meminta Anda membuka koper dan menunjukkan barang bawaan selama pemeriksaan, serta mengambil barang yang menurut peraturan bea cukai dan karantina tidak diperbolehkan masuk ke Australia, misalnya makanan dalam kemasan yang terbuka.

Berikut ini beberapa tips agar tidak mengalami banyak kendala saat pemeriksaan imigrasi:
a. Pastikan bahwa Anda mengepak sendiri koper dan barang bawaan untuk memastikan Anda tahu semua isi koper.
b. Isi Incoming Passenger Card dengan cermat. Declare atau nyatakan barang-barang bawaan sesuai kategori di dalam form. Bila Anda tidak yakin apakah barang yang Anda bawa termasuk dalam kategori tersebut, nyatakan “Yes”, karena bila kedapatan barang tersebut dibawa namun tidak dinyatakan, terdapat sanksi membayar denda uang yang tidak sedikit.
c. Bila membawa bahan makanan ataupun obat-obatan dari Indonesia, pastikan berupa produk-produk dalam kemasan yang tertutup rapat.
d. Packing barang-barang yang dinyatakan dalam form menjadi satu (akan lebih baik dalam wadah transparan) agar mudah bila diminta menunjukkan kepada petugas imigrasi. Misal: masukkan obat yang sedang Anda konsumsi ataupun produk makanan dalam satu wadah terpisah.

Informasi lebih lanjut dapat dibaca di tautan berikut : http://www.immi.gov.au/About/Pages/managingaustralias-borders/air-travel.aspx dan http://www.customs.gov.au/default.asp