Layanan seluler ponsel di Australia dapat diperoleh dengan sistem pre-paid (pulsa dibeli sebelumnya) atau Layanan seluler ponsel di Australia dapat diperoleh dengan sistem pre-paid (pulsa dibeli sebelumnya) atau dengan sistem plan, yaitu pengguna pulsa memasuki kontrak selama 1-2 tahun dengan provider, dengan pilihan paket pulsa saja ataupun paket ponsel baru dengan pulsa. Provider layanan seluler ponsel di Australia yang umum dipakai adalah Telstra, Vodafone, Optus, Three (3), dan Virgin Mobile.

Namun tidak seperti di Indonesia, di Australia anda pada umumnya akan mendapat pulsa yang jauh lebih banyak dari jumlah yang anda bayar. Misalnya, dengan membayar $29, anda bisa mendapat pulsa sebesar $300 serta sejumlah pulsa data internet. Sistem ini dinamakan sistem cap dan yang pada umumya berlaku untuk satu bulan (monthly cap). Apabila anda menggunakan sistem plan, berhati-hatilah agar anda tidak melebihi kuota bulanan pulsa dan data karena tarif tambahan biasanya cukup mahal. Monthly cap yangditawarkan berkisar dari $19 hingga $129.

Kartu SIM prepaid tersedia di banyak tempat seperti supermarket, convenience stores, dan toko-toko ponsel. Pengisian ulang pulsa prepaid juga dapat dilakukan di tempat-tempat ini. Kartu SIM plan (dan ponselnya) hanya dapat diperoleh dari toko-toko ponsel dan dari situs provider. Ini mengingat sistem plan memerlukan sebuah kontrak yang lebih rumit pendaftarannya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai provider di Australia, anda dapat mengunjungi situs resmi mereka berikut: