Ketika memulai studi di Australia, hal pertama yang perlu diurus dan merupakan tantangan terbesar adalah menemukan tempat tinggal permanen yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan inansial anda. Permintaan tempat tinggal yang sangat tinggi berbanding penawaran yang terbatas membuat harga tempat tinggal di Australian cenderung tinggi. Untuk menghemat biaya, anda dapat berbagi kamar atau apartemen/rumah dengan pelajar atau orang lain. Kami menyarankan anda untuk mencari tempat tinggal sebelum waktu pendaftaran resmi universitas di mulai, hal ini dapat memperbesar kesempatan anda untukmendapatkan tempat tinggal yang sesuai dengan selera dan kondisi inansial anda.

Berdasarkan lokasi tempat tinggal dari kampus, dapat dibedakan menjadi on campus dan off-campus accommodation.

a) On Campus Accomodation
Terdapat beberapa universitas yang juga mengelola akomodasi untuk para pelajarnya (on campus accommodation). Informasi mengenai akomodasi dan resident hall dapat dilihat di situs masing-masing universitas. Salah satu bentuk akomodasi yang terdapat di seluruh Australia adalah UniLodge. UniLodge umumnya menawarkan kamar (baik ditempati sendiri ataupun berbagi) dan common room dengan fasilitas hiburan. Info lebih lanjut mengenai UniLodge dapat ditemukan di laman https://unilodge.com.au/accommodation/.

b) Off-Campus Accomodation
Selain akomodasi yang dikelola oleh universitas, terdapat of-campus accommodation. Akomodasi ini merupakan akomodasi yang dikelola dan dipasarkan oleh pemiliknya sendiri atau oleh agen dari real estate. Terdapat beberapa jenis akomodasi yang dapat dipilih di luar kampus, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kamar: merupakan akomodasi dimana anda dapat menempati satu kamar namun fasilitas di luar kamar seperti dapur, ruang tamu, dan kamar mandi dapat anda gunakan dengan sharing bersama penghuni yang lain.
  • Unit/Flat: merupakan apartemen dengan satu kamar atau lebih. Anda akan mendapatkan fasilitas lain seperti dapur, ruang tamu, dan kamar mandi. Anda dapat berbagi dengan penghuni lain jika ada dan membagi biaya sewa bersama dengan penghuni lain.
  • Flatete: merupakan akomodasi berupa sebuah kamar namun dengan fasilitas tambahan sebuah dapur sedangkan kamar mandi terdapat diluar kamar dan digunakan bersama dengan penghuni latete  yang lain.
  • Studio: merupakan ruangan serupa apartemen kecil yang terdapat dapur dan kamar mandi di dalamnya.

Cara mendapatkan tempat tinggal yang lebih mudah sekaligus menghemat waktu adalah dengan mencari para pelajar yang telah menyelesaikan studinya dan hendak kembali ke negara asalnya, lalu mengambil alih kamar/unit/rumah mereka sebelum diambil alih oleh penghuni lain, ataupun sebelum dipasarkan kembali oleh pemilik dari kamar/unit/rumah tersebut. Jika anda mengalami kesulitan untuk menemukan tempat tinggal untuk diambil alih, terdapat beberapa sumber iklan penawaran yang dapat anda akses secara online, yaitu:

 

Prosedur Penyewaan

1. Prosedur pertama dan yang paling umum adalah mencari iklan-iklan penawaran penyewaan tempat tinggal untuk mendapatkan informasi antara lain terkait :

  • jenis akomodasi
  • lokasi dan alamat
  • biaya sewa yang umumnya per week (cer mati apakah biaya listrik-air-gas-internet sudah termasuk di dalamnya)
  • rental bond/ deposit (uang jaminan)
  • fasilitas yang ditawarkan (apakah sudah terdapat furniture lengkap atau masih kosong) nomor telepon yang dapat dihubungi, dan lain-lain.

Untuk memastikan tempat tinggal tersebut sesuai dengan yang anda inginkan, anda harus melakukan survey atau inspeksi secara langsung ke tempat yang ingin anda sewa. Sebelum melakukan inspeksi, kami menyarankan anda menelepon langsung kepada penyewa/real estate untuk mengatur jadwal inspeksi.

2. Setiap agen properti memiliki standar sendiri dalam mempertimbangkan aplikasi dan data anda. Biasanya anda akan diminta untuk menunjukkan identitas diri (paspor/KTP/SIM), fotokopi rekening bank, surat referensi dari orang yang mengenal anda (menyatakan kelayakan/kemampuan menyewa properti), informasi mengenai pekerjaan (apa bila anda bekerja), serta informasi mengenai tempat yang anda sewa sebelumnya (bila ada).

3. Disarankan untuk mengajukan aplikasi lebih dari satu properti, karena belum tentu aplikasi kita untuk satu tempat langsung diterima. Disarankan untuk melengkapi semua for mulir dan dokumen yang dibutuhkan dan menyerahkan langsung kepada agen real estate. Agen akan langsung melakukan pengecekan dan pemeriksaan kelayakan anda, untuk selanjutnya diteruskan kepada pemilik properti apa bila anda dianggap layak. Jika si pemilik memilih anda, sang agen real estate akan menghubungi anda untuk menginformasikan bahwa anda dapat menyewa tempatnya dan meminta konirmasi jadi atau tidaknya anda menyewa tempat tersebut.

4. Setelah memberikan konirmasi, anda akan diminta untuk menandatangani perjanjian sewa-menyewa. Sebelum menandatangani, anda akan diminta untuk melengkapi laporan mengenai kondisi property (misal adakah kerusakan pada bangunan maupun furniture). Disarankan untuk mengisi laporan tersebut sedetil mungkin. Hal ini penting karena anda akan diminta untuk mengembalikan tempat tersebut sesuai kondisi awal saat anda mulai menyewa. Apabila pemilik/agen properti menemukan kerusakan/kecacatan yang tidak ditulis pada laporan, anda akan diharuskan membayar ganti rugi dengan uang rental bond/deposit yang telah anda serahkan. Setelah menandatangani perjanjian, jangan lupa untuk menyimpan fotokopi dari dokumen perjanjian, laporan kondisi, serta tanda terima pembayaran ke arsip anda.

5. Mengenai pembayaran sewa awal, biasanya anda akan diminta untuk membayar sejumlah uang yang terdiri dari biaya sewa minggu pertama, rental bond/ deposit (berkisar sebesar biaya sewa 2-4 minggu), dan agreement fee. Rental bond bersifat deposit, yang berarti anda akan mendapatkan uangnya kembali setelah masa sewa berakhir. Agen real estate atau pemilik properti tidak berhak memasukkan uang rental bond anda kedalam rekening bank mereka sendiri. Mereka harus menitipkannya ke Oice of  Fair Trading. Apa bila terbukti mereka memasukkan ke dalam rekening sendiri, mereka akan mendapatkan sanksi hukum. Biasanya anda akan mendapatkan pemberitahuan mengenai uang rental bond anda melalui pos sekitar satu bulan setelah masa sewa anda dimulai. Jika anda tidak mendapatkannya setelah satu bulan, anda dapat meminta kepada agen untuk memberikannya kepada anda.

6. Jika anda mengalami masalah/kendala di tempat anda, seperti keran air yang tidak berfungsi semestinya atau gangguan pada listrik, anda dapat mengajukan keluhan kepada pemilik atau agen properti yang mengurus. Selain itu, jika anda menyewa properti kosong tanpa perabotan (unfurnished), anda dapat menemui sesama pelajar yang akan selesai/kembali ke negara mereka, dan menanyakan apakah anda dapat membeli barang-barang yang tidak lagi mereka perlukan dengan lebih murah ataupun gratis.

 

Tips untuk Inspeksi

  • Buat dan pilih daftar akomodasi sesuai prioritas. Jika anda bermaksud untuk menginspeksi lebih dari satu tempat dalam sehari, rencanakan sematang mungkin dan prioritaskan tempat yang anda lebih minati.
  • Hubungi pemasang iklan untuk mengatur waktu inspeksi. Pada saat menghubungi, anda juga dapat menanyakan informasi-informasi penting mengenai tempat yang anda minati tersebut.
  • Bawalah fotokopi paspor, SIM, KTP, atau kartu mahasiswa lainnya dilengkapi dengan bank statement, atau alamat orang-orang di Australia yang memberikan referensi anda.
  • Datanglah lebih awal dan tepat waktu untuk menghindari antrian dan memasukan permohonan lebih awal dibandingkan peminat lain.