White Paper Bincang Energi Surya 2023

Bincang Energi Surya 2023 merupakan hasil kolaborasi dari Institute for Essential Services Reform (IESR), Asosiasi Peneliti Indonesia di Korea (APIK), Solar Scholars Indonesia (SSI), Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA), Solarin, dan Insygnia.

Bincang Energi Surya membahas penggunaan energi surya di Indonesia dari berbagai dimensi dan aspek yang penting dalam transformasi energi. Implementasi energi surya melibatkan pengembangan kebijakan yang mendukung, termasuk insentif fiskal dan regulasi yang mendorong investasi dalam solar PV, serta kerangka waktu yang jelas untuk pencapaian target energi terbarukan. Di samping itu, teknologi solar PV yang terus berkembang memungkinkan konversi energi matahari menjadi listrik secara efisien dan terjangkau. Kemudian, teknologi smart dan super grid diperlukan untuk mengintegrasikan energi surya ke dalam jaringan dan memastikan ketersediaan pasokan energi yang merata. Selain itu, teknologi penyimpanan energi adalah kunci dalam memastikan pasokan energi surya yang andal. Di luar aspek teknis, penggunaan energi surya juga membawa manfaat sosial dan ekonomi dengan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan akses energi di daerah pedesaan, dan mengurangi emisi gas rumah kaca, menciptakan dampak positif yang luas bagi masyarakat dan lingkungan.

Tak diragukan, energi surya memiliki peranan kunci dalam upaya transisi energi Indonesia mengingat besarnya potensi yang dimiliki Indonesia. Untuk dapat memanfaatkan sepenuhnya potensi ini, diperlukan komitmen kuat dari pemerintah, sektor swasta, lembaga akademis, dan masyarakat. Pemerintah dapat memberikan intensif dan regulasi yang mendukung investasi dalam infrastruktur energi surya. Sementara, sektor swasta membawa inovasi dan modal yang diperlukan untuk mengembangkan proyek-proyek energi surya. Lembaga akademis dapat berkontribusi melalui penelitian dan wawasan teknis yang diperlukan. Kesadaran dan partisipasi masyarakat umum pun juga berperan penting untuk mendukung keberhasilan implementasi energi surya di Indonesia. Melalui kolaborasi yang kuat, Indonesia dapat menciptakan sistem energi yang lebih bersih, lebih efisien, dan lebih ramah lingkungan. Upaya ini penting untuk mencapai keberlanjutan dalam sektor energi yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi negara.

Editor Denny Gunawan, Muhammad Syahman Samhan, Putra Hanif Agson Gani.

Kontributor Widi Himawan, Rosyid Jazuli, Tri Mumpuni, Yves Rumajar, Muhammad Agiya Fersya, Fidel Castro, Alvin Putra Sisdwinugraha, Denny Gunawan, Adam Febriyanto, Rohib, Abram Perdana, Danny Pudjianto, Yusak Tanoto, Randi Azmi, Havid Aqoma, Anies Mutiari.